Berita

Lenovo Sangkal Kerjasamanya dengan Microsoft untuk Memblok Instalasi GNU/Linux

Lenovo

Lenovo Yoga 900

Kemarin, pengguna GNU/Linux dihebohkan dengan laptop Lenovo ber-Windows 10 Signature Edition yang menolak sistem operasi GNU/Linux.

Para pengguna yakin hal ini karena SSD dikunci di mode RAID dan AHCI dinonaktifkan dari firmware. Windows mampu membaca SSD karena driver propietari yang disediakan oleh Lenovo.

Pengguna semakin yakin dengan kesalahan raksasa Tiongkok ini karena salah satu orang mereka menyatakan,

“Sistem mempunyai Windows 10 Home Signature Edition yang sudah terinstal. Ia dikunci atas perjanjian kami dengan Microsoft.”

Melalui The Register, pihak Lenovo menyangkal hal itu dengan mengatakan “tidak sengaja telah memblok konsumen yang ingin memakai sistem operasi lain di perangkat tersebut dan mereka berkomitmen penuh menyediakan sertifikasi dan panduan instalasi Linux di berbagai produk mereka.”

RAID di perangkat SSD dipakai oleh Lenovo untuk meningkatkan performa sistem. Ini merupakan tren yang sudah mereka pakai di beberapa produk.

Mengenai mengapa sistem tersebut tidak mendukung Linux dan pernyataan Lenovo di BestBuy.com, dia berujar,

“Model produk yang tidak didukung bergantung pada vendor sistem operasi Linux yang merilis kernel dan driver baru untuk mendukung fitur seperti RAID di SSD. Sayangnya, saya tidak bisa mengonfirmasi hubungan kami dengan orang yang ada di Best Buy.”

Mengenai kasus ini, Matthew Garret yakin, ini bukan kesalahan Lenovo sepenuhnya. Driver yang disediakan Intel lah yang bertanggung jawab atas perilaku aneh mode RAID.

“Masalah sebenarnya adalah Intel tidak serius memastikan sistem operasi bebas/merdeka bekerja dengan baik di perangkat keras konsumen – kami belum mendapatkan informasi dari Intel tentang bagaimana cara mengonfigurasi sistem supaya mempunyai manajemen power yang baik, kita tidak memiliki dukungan perangkat penyimpanan (storage) di mode ‘RAID’, dan tak ada indikasi hal ini akan lebih baik di masa depan.” Ucap Matthew. “Apabila Intel sudah menyediakan dukungan-dukungan seperti itu, masalah seperti ini tidak akan terjadi. Daripada marah pada Lenovo, mari kita tekan Intel untuk menyediakan dukungan untuk perangkat keras mereka.”

Mantan pengembang kernel Linux ini mengulas secara teknis mengenai masalah mode RAID di blognya.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top