Event

KSL Budi Luhur Gelar Software Freedom Day 2016

Perangkat lunak bebas dan open-source perlu dikenalkan dan diedukasikan ke khalayak umum. Banyak hal bisa dilakukan, salah satunya adalah mengadakan sebuah acara besar yang berhubungan dengan perangkat lunak bebas (free software) dengan bentuk seminar, workshop, dll.

Salah satu acara tahunan untuk mengenalkan dan menyebarkan semangat perangkat lunak bebas dan open-source adalah Software Freedom Day (SFD). Pertama kali diadakan oleh Digital Freedom Foundation, kini SFD sudah merambah banyak negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, SFD diadakan oleh KSL BL (Kelompok Studi Linux Budi Luhur) sejak tahun 2009. Tahun 2016 ini, SFD akan diadakan 23-24 September 2016 di Fakultas Teknologi Informasi UBL dengan beragam agenda.

Di mulai hari Jumat 23 September, akan diadakan workshop penggunaan framework Ruby on Rails dan GitHub oleh Ariel Akilie (Co-founder dan COO Qarioz Vetrontech) dan Adam Ramadhan (Github Indonesia).

Hari Sabtu 24 September, akan digelar seminar mengenai pengenalan-implementasi perangkat lunak bebas dan aplikasi IoT dengan Raspberry Pi oleh Yuliazmi (pembimbing KSL BL) dan Maulidan Yulianto (pendiri Doodle Studio).

Bagi yang tertarik dengan SFD 2016 bisa melihat informasi resminya laman wiki SFD atau melihat poster di bawah ini:

Software Freedom Day 2016

SFD 2016 (@kslubl)

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top