Event

Jadwal Lengkap Acara openSUSE.Asia Summit 2016 Sudah Dirilis

Jadwal openSUSE.Asia Summit 2016Seleksi call for paper openSUSE.Asia Summit 2016 sudah rampung, kini panitia resmi menampilkan jadwal acara akbar openSUSE se-Asia ini.

Setelah mengintip laman jadwal, ternyata banyak tema yang sangat menarik. Beberapa di antaranya ada pembahasan mengenai Docker yang akan disampaikan oleh Darian Rizaludin dan Saputro Aryulianto. Mengenai pemanfaatan openSUSE di perangkat tertanam Banana Pi dan Raspberry Pi oleh Agus Supriadi, Yan Arief, dan Levay.

Mengenai penerapan perangkat lunak multimedia oleh Muhammad Irfan dan Kukuh Syafaat. Mengenai pemaketan aplikasi oleh Andi Sugandi, Rahman Yusri Aftian, dan Jeffrey Cheung. Ada juga pembahasan teknologi Big Data oleh Muhammad Rifqi Maarif. Dan tema mengenai penerapan openSUSE untuk tryout Ujian Nasional oleh maspenyo.

Salah satu software engineer dari SUSE dan release engineering openSUSE, Max Lin, membahas openSUSE Tumbleweed dan proses pengembangan openSUSE Leap 42.2. Joey Lee, engineer Linux di openSUSE juga membagikan bagaimana cara berkontribusi di kernel distro ini dan membicarakan verifikasi signature modul kernel dan kexec.

Selain hal-hal teknis, beberapa pembicara menyampaikan hal-hal penting seputar kontribusi di openSUSE oleh Fuminobu Takeyama, peran wanita di era teknologi oleh umulsidikoh, kontribusi di proyek FOSS oleh Ahmad Haris, pengembangan komunitas dengan open source oleh Siska Iskandar, peran wanita di dunia open source oleh Sunny, dan pengenalan open source di dunia pendidikan oleh Sandy Aditya Suryana dari KSL UIN Sunan Kalijaga.

Acara-acara di openSUSE.Asia Summit 2016 memanfaatkan ruang Convention Hall, ruang Fakultas Sains dan Teknologi (101, 102, 103), serta laboratorium (untuk workshop).

Anda bisa melihat jadwal dan tema lengkap yang dibawakan para pembicara di laman events.opensuse.org.

Sampai jumpa di sana!

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top