BSD

Ikuti Varian Server, PC-BSD Ubah Nama Jadi TrueOS

TrueOSPC-BSD merupakan sistem operasi berbasis FreeBSD yang ditujukan untuk desktop. Varian lain dari PC-BSD adalah TrueOS yang ditujukan untuk lingkungan server.

Kabar terbaru ini, PC-BSD akan berganti nama (rebranding) menjadi TrueOS setelah FreeBSD 11 dirilis.

Menurut Kris Moore, pimpinan pengembangan PC-BSD, selama ini PC-BSD tidak melambangkan perangkat server dan tertanam (embedded) sehingga menyatukan merek adalah hal yang masuk akal.

“Banyak orang familier dengan nama PC-BSD dan mungkin heran mengapa kami mengganti namanya. Walaupun itu adalah nama untuk banyak hal, para pengembang menyadari ini merupakan waktu yang tepat untuk nama baru, yang pas untuk menyampaikan pesan kami. Pimpinan pengembang Kris Moore berkata: ‘Kita sudah memakai TrueOS sebagai varian PC-BSD untuk server, dan masuk akal jika kita menggabungkan namanya. PC-BSD tidak merefleksikan perangkat server atau perangkat tertanam dengan baik. TrueOS Desktop/Server/Embedded (tertanam) bisa menjadi produk sebenarnya, untuk menghindari akronim yang berlebihan, dan memberi kita nama yang nyaman diingat.'” Tulis pengembang di laman TrueOS.org.

“Satu pelajaran penting dari konferensi adalah orang-orang kesulitan mengingat nama akronim di nama kami, yang berarti bukanlah hal yang bagus untuk pemasaran produk. Kami percaya diri, nama TrueOS akan mempermudah orang-orang mengenal proyek ini. Sesudah itu, kami akan mampu menyampaikan pesan merek kami dalam bentuk yang lebih bagus dan rapi.”

PC-BSD biasanya mempunyai waktu rilis yang berdekatan dengan FreeBSD. Diprediksi, rilis awal TrueOS desktop pengganti PC-BSD akan hadir sekitar pertengahan bulan September nanti.

Tunggu kabar selanjutnya dari kami. 😉

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top