Berita

Google Berminat Jadikan Swift Sebagai Bahasa Utama Android

SwiftGoogle berminat menjadikan Swift sebagai bahasa utama Android. Salah satu alasannya adalah menghindari tuntutan dari Oracle. Perusahaan di balik bahasa Java ini menuntut Google sebanyak 8,8 juta dollar atas penggunaan bahasa Java di perangkat Android. Memprihatinkan bukan?

Seperti yang dikabarkan oleh TheNextWeb (TNW), implementasai Swift di Android bukanlah hal yang mustahil walaupun Google harus bekerja keras untuk memastikan bahasa dari Apple itu bekerja di Android. Swift bukanlah bahasa yang bisa disalin di semua platform, Android perlu runtime sendiri untuk menjalankan Swift. Selain itu, Google perlu menulis ulang pustaka standar (standard library) serta API Android supaya mendukung Swift.

Dengan alasan di atas, sepertinya Google tak begitu saja mengubah semua sistem Android dengan Swift. Perlu tahap-tahapan yang perlu mereka lakukan.

Semenjak Swift dirilis sebagai bahasa pemrograman open source, bahasa ini menjadi sangat populer. Di GitHub, Swift berhasil menggaet pengembang dan menjadi bahasa pemrograman populer ke sebelas.

Sementara kabar ini muncul dari Google, saat ini mereka sudah siap mengalihkan Android dari Java varian Oracle ke versi open source, OpenJDK.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top