Free Software Open Source Software

GNU Octave Injak Versi 4.2, Perbarui Fungsi Parser, Colormap, Griddata, dll

GNU OctaveSalah satu perkakas penting bagi para ilmuwan dan engineer adalah Matlab, bahasa pemrograman untuk lingkungan komputasi teknis yang dikembangkan oleh MathWorks. Matlab merupakan perangkat lunak propietari sehingga bagi beberapa orang, khususnya bagi pegiat perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source, mereka lebih memilih perangkat lunak alternatif yang bersifat terbuka.

GNU Octave salah satunya.

Pekan ini, GNU Octave menyentuh versi 4.2 dengan banyak pembaruan penting bagi para penggunanya.

GNU Octave 4.2 meluncur dengan pembaruan parser, colormap yang membawa nilai “viridis” secara default, pembaruan perintah graphics, escape sequence pada Octal dan Hex, pembaruan linspace, fungsi cov, griddata, dan surfnorm.

Pembaruan lain ada di fungsi quadl yang memakai tolerance absolut alih-alih relatif, fungsi textscan yang dipasang secara built-in, pembaruan pada variabel MEX dan MEX API, serta pembaruan lainnya.

Untuk membaca daftar lengkap catatan perubahan kunjungi tautan ini, bila Anda ingin mengunduhya silakan cari di repositori distro atau mengunjungi tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top