Free Software Open Source Software

GNU Libreboot 20160818 Dirilis, Bawa Dukungan Chromebook dan Perangkat Lain

LibrebootVersi pertama Libreboot sejak masuknya proyek ini ke GNU baru saja dirilis. GNU Libreboot merupakan downstream proyek Coreboot. Bedanya dengan Coreboot, GNU Libreboot sama sekali tidak membawa blob binary, sehingga ia benar-benar free (bebas dan merdeka).

GNU Libreboot 20160818 membawa dukungan perangkat board baru, di antaranya ASUS Chromebook C201, Gigabyte GA-G41M-ES2L, Intel D510MO, ASUS KCMA-D8, ASUS KFSN4-DRE, dan ASUS KGPE-D16. Dari perangkat tersebut, dua yang terakhir adalah motherboard untuk server.

Pembaruan lain juga ada pada dukungan cstates yang mampu menghemat daya dan baterai GM45 dan i945. GNU Libreboot juga memperbarui konfigurasi GRUB yang memudahkan perangkat mem-boot sistem terenkripsi secara otomatis, di samping itu ia juga memanfaatkan berkas grub.cfg dari sistem operasi GNU/Linux yang terinstal.

Ada pula SeaGRUB sebagai payload default perangkat x86, masalah RTC di GM45 yang sudah diperbaiki, pembaruan-pembaruan utilitas dan modul, dan sebagainya.

Anda bisa mengunduh GNU Libreboot 20160818 di situs libreboot.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top