BSD

FreeBSD Perbarui Dukungan Display Server Wayland

FreeBSDSalah satu sistem operasi BSD yang terus berusaha mengejar dukungan desktop adalah FreeBSD. Beberapa usaha terus dilakukan, termasuk mem-port DRM dari kernel Linux (sekarang pengembang FreeBSD sudah mulai mengerjakan dukungan DRM Linux 4.7) dan mulai memperbarui dukungan Wayland.

Yap! Disampaikan oleh Johannes Lundberg kemarin, pengembang FreeBSD tengah sibuk mem-port display server baru Wayland 1.12.0, begitu juga dengan Weston 1.12.0.

Yang lain, seperti SDL20 sudah diuji dan terbukti berjalan lancar saat dipakai untuk menjalankan game stonesoup-sdl. Proses juga terjadi di dukungan XWayland dan masih ada beberapa masalah, terutama pada Weston IPC. Sedangkan proses port GDM masih terbentur oleh logind.

Pengembang FreeBSD juga mengerjakan dukungan Sway (window manager untuk Wayland yang kompatibel dengan i3wm) serta dukungan GTK3. Gtk3-demo berjalan lancar di Weston, begitu juga dengan aplikasi-aplikasi GTK3 lain.

Dukungan penuh Wayland di FreeBSD belum akan hadir di versi stabil dalam waktu dekat. Namun, ini menjadi sinyal yang baik bagi pengguna FreeBSD sendiri maupun sistem operasi TrueOS.

Laporan yang disampaikan Johannes ini bisa Anda simak di mailing list FreeBSD-current.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top