BSD

FreeBSD 10.3 Diluncurkan

FreeBSD kabarlinuxFreeBSD 10.3-RELEASE akhirnya dirilis. Rilis poin ke tiga FreeBSD 10 ini sebenarnya sudah diluncurkan akhir bulan Maret yang lalu, sebelum OpenBSD 5.9 hadir, namun pihak pengembang baru mengumumkan peluncurannya awal bulan ini.

FreeBSD 10.3-RELEASE membawa pembaruan pada userland standar, termasuk cp dengan opsi -s baru, ifconfig dengan tambahan laporan SFP/SFP+, utilitas baru sesutil untuk mengelola device ses, pkill yang mendukung jail, dukungan sistem berkas NTFS di mkimg, dan sebagainya. Ada juga pembaruan utilitas-utilitas lain, seperti file, xz, ntpd, unbound, dan lainnya. Utilitas instalasi, bsdinstall, di versi ini juga sudah mendukung EFI untuk sistem berkas ZFS.

Di bagian kernel, vt mendapat dukungan ALT_BREAK_TO_DEBUGGER, debug.kdb.alt_break_to_debugger, dan kern.vt.bell_enable. Ada juga fungsi baru untuk membuat thread userspace di kernelspace, thread_create().

Kini FreeBSD 10.3-RELEASE juga sudah mendukung controller Intel SMBus 2.0 dengan driver ismt.

Selain itu, ia juga membawa banyak pembenahan keamanan, baik di Security Advisory maupun Errata Notice.

Anda bisa membaca pembaruan lengkapnya di laman release note.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top