Berita

Flatpak, Nama Baru Teknologi Sandbox XDG-App

GNOMEPertengahan tahun 2015 GNOME mengumumkan XDG-App, teknologi untuk membangun aplikasi ter-sandbox. Dengan XDG-App, sistem operasi Anda akan lebih aman karena aplikasi tidak akan banyak mengakses sistem utama secara langsung. XDG-App memanfaatkan CGroups, SELinux, Namespaces, dan Wayland, KDBUS untuk menambah keamanan dan fitur baru.

Tapi, selamat tinggal XDG-App! Kini para pengembang dari Red Hat telah mengubah nama aplikasi sandbox ini menjadi Flatpak.

“Saya baru saja mem-push perubahan ke git master untuk mengubah semua nama menjadi ‘flatpak’. Ini berarti binary nya bernama ‘flatpak’.” Tulis Alexander Larsson.

Beberapa perubahan nama bisa ditemukan di binary xdg-app menjadi flatpak, xdg-app-builder menjadi flatpak-builder, nama bus org.freedesktop.XdgApp menjadi org.freedesktop.impl.portal.DesktopPortal. Selain itu perubahan juga ada di nama milist, komponen bugzilla, lokasi rilis tarball, shared-mime-info, dan lainnya.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top