Open Source Software

Firefox 48 Meluncur, Bawa Fitur Multi-proses Electrolysis

FirefoxVersi baru peramban web dari Mozilla hadir. Membawa beberapa fitur baru, Mozilla Firefox 48 patut menjadi peramban default di sistem operasi GNU/Linux Anda.

Firefox 48 semakin aman. Kini, perlindungan terhadap berkas unduhan yang tidak jelas semakin ketat. Perlindungan ini memanfaatkan layanan Safe Browsing dari Google.

Ada dua kategori perlindungan dari Firefox. Pertama perangkat lunak yang tak diinginkan, yang mungkin akan menyimpan data pengguna tanpa izin (dengan notifikasi tanda seru berwarna kuning). Kedua, unduhan berkas dari sumber yang tidak terpercaya (dengan notifikasi tanda seru berwarna merah). Perlindungan ini juga bisa diatur di tab pengaturan security.

Firefox 48 juga membawa fitur Electrolysis (E10S), fitur multi-proses, layaknya Google Chrome dengan proses per tab nya. E10S merupakan fitur paling ditunggu oleh para penggunanya, yang sudah diujicobakan di versi beta sekitar hampir dua bulan.

Di versi ini pula, Mozilla semakin memaksa pengembang untuk segera mengunggah addons-nya ke laman addons Firefox agar addons mereka resmi ditandatangani Mozilla dan bisa diinstal pengguna melalui addons.mozila.org. Segala addons yang tidak diverifikasi dan ditandatangani Mozilla tidak akan bisa diinstal di Firefox 48. Sebanding dengan itu, dukungan WebExtension di versi ini juga sudah stabil.

Khusus pengguna GNU/Linux, mereka akan mendapatkan performa Canvas yang lebih baik dengan dukungan speedy Skia serta dukungan full duplex pada WebRTC.

Seperti janji dari pengembang, media parser Firefox 48 sudah mulai memakai bahasa Rust.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top