Distro Fedora

Fedora 25 Sudah Tersedia dan Siap Diunduh!

Fedora

Setelah diundur beberapa kali, tim Fedora Project akhirnya meluncurkan Fedora 25. Fedora adalah sistem operasi bebas/merdeka dan open-source yang cocok dipakai oleh pengguna yang menginginkan fitur-fitur baru di setiap peluncurannya. Di kala sistem operasi lain menganggap perangkat lunak tertentu adalah fitur eksperimental, di Fedora perangkat lunak tersebut berjalan sangat stabil.

“Fedora Project dengan senang mengumumkan ketersediaan Fedora 25, langkah besar kita untuk melangkah ke masa depan yang terkemas (containerized) dan modular!” Kata Matthew Miller.

Seperti beberapa rilis sebelumnya, Fedora menghadirkan 3 varian; Fedora 25 Atomic Host (Cloud) yang dapat diterapkan di lingkungan awan, Fedora 25 Server yang mampu dipakai di lingkungan server/datacenter, serta Fedora 25 Workstation yang cocok dipasang di laptop atau PC desktop dan dipakai untuk aktivitas komputasi sehari-hari.

Fitur-fitur baru di Fedora 25

Fedora 25 adalah satu-satunya distro populer yang menjalankan sistem di display server Wayland secara default. Bukan berarti pengguna tidak bisa menjalankan Xorg Server, Fedora 25 tetap menyediakan Xorg Server melalui kolom login user.

Display server ini berjalan di bawah GNOME 3.22, desktop environment yang menyediakan fitur-fitur baru seperti kemampuan batch rename di manajer berkas Files, pendesainan ulang perkakas pengaturan keyboard, kemudahan pencarian perangkat lunak di GNOME Software, dan lain-lain.

Seperti yang sudah kami kabarkan sebelumnya, Fedora 25 membawa codec MP3 yang bisa didapatkan di GNOME Software. Codec ini membantu para pengguna yang ingin menikmati musik tanpa perlu repot-repot mencari codec di luar GNOME Software.

Bagi para penggila teknologi pemaketan baru, Fedora 25 menyediakan pembaruan Flatpak.

“Pembaruan ini membuatnya (Flatpak -red) semakin mudah dipakai untuk menginstal, memperbarui, dan menghapus perangkat lunak Flatpak.”

Sejak GTK+ mengubah sistem pemversian dan siklus pengembangan, GNOME menjadi lebih stabil, sehingga pengguna ekstensi GNOME Shell tak akan berurusan lagi dengan ketidakstabilan yang tidak berarti. Ekstensi GNOME Shell tidak akan lagi memeriksa kompatibilitas dengan versi GNOME Shell karena ekstensi Anda akan berjalan sempurna di setiap rilis baru GNOME dan Fedora.

Fedora 25 juga membawa pembaruan Fedora Media Writer yang semakin memudahkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal Fedora Workstation, varian Fedora lain, Spin, maupun Labs.

Mutakhirkan Fedora

Fedora 25 bisa didapatkan melalui fitur upgrade pada GNOME Software atau melalui perintah dnf. Sebagai catatan, harap backup sistem Anda sebelum melakukan upgrade.
$ sudo dnf upgrade --refresh
$ sudo dnf install dnf-plugin-system-upgrade
$ sudo dnf system-upgrade download --releasever=25
$ sudo dnf system-upgrade reboot

Untuk melihat penjelasan tata cara upgrade seperti di atas, silakan kunjungi tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top