Distro

Edubuntu 16.04 LTS Tak Akan Pernah Hadir, Menetap di Versi 14.04 LTS

EdubuntuPengembang Edubuntu, Stéphane Graber, mengumumkan melalui mailing list bahwa Edubuntu 16.04 Xenial Xerus tidak akan dirilis.

Edubuntu merupakan salah satu varian Ubuntu yang fokus dikembangkan untuk kalangan pendidikan dan sudah dipakai di beragam sekolah maupun universitas. Sudah cukup lama Edubuntu menjadi salah satu varian resmi Ubuntu dan disponsori langsung oleh Canonical. Oleh karena itu, kabar terbaru ini cukup mengguncang dunia *buntu.

Edubuntu selalu dikembangkan dari Ubuntu LTS, yang berarti secara normal Edubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) akan diperbarui ke Edubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus), sayangnya ini tidak akan terjadi.

“Saya umumkan hari ini bahwa Edubuntu tidak akan meluncurkan versi 16.04 LTS. Saya dan Jonathan akan fokus mendukung Edubuntu 14.04 LTS sampai fase EOL di bulan April 2019,” ucap Stéphane Graber. “Ini tidak berarti Edubuntu sudah mati, setidaknya belum.”

Ada potensi, proyek Edubuntu mati. Seperti yang dikatakan Stéphane.

“Saat saya dan Jonatan fokus menepati janji untuk mendukung Edubuntu 14.04 LTS, kontributor anyar diperbolehkan untuk mengambil alih proyek Edubuntu dan mengolahnya sesuka hati. Dengan senang hati kami akan mensponsori hal yang berhubungan dengan pengunggahan Edubuntu, akan membantu kontributor untuk mendapatkan keanggotaan Edubuntu dan mempertahankan pemilihan Edubuntu Council yang akhirnya akan mengambil alih seluruh proyek dari kami.”

“Harusnya tidak akan terjadi saat Ubuntu 17.10 dirilis, saya dan Jonathan akan meminta Technical Board untuk menarik Edubuntu dari varian Ubuntu resmi dan menghapus semua paket yang tersisa dari arsip, menghapus sumber-sumber dan semua integrasi pengembangan cdimage, secara efektif menghapus Edubuntu dari proses rilis Ubuntu.”

Edubuntu sudah dipakai oleh ratusan hingga ribuan sekolah dan institusi pendidikan lain di seluruh dunia, akan sangat mengecewakan bila proyek Edubuntu mati.

Semoga ada kontributor yang mampu mengambil alih Edubuntu dan mengembangkan Edubuntu lebih lanjut.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top