Distro

Dukungan Finansial Tidak Ada, Pengembang Hentikan Pinguy OS

PinguyOS

Situs PinguyOS

Kabar buruk datang dari salah satu distro GNU/Linux, Pinguy OS. Antoni Norman, pengembang distro ini mengabarkan bahwa ia akan mematikan proyek yang ia cintai.

“Berpikir tentang menghentikan Pinguy OS. Ia justru lebih membebaniku lebih dari apa yang saya dapat dari proyek. Proyek ini adalah sink hole.” Ujar Norman.

Seperti yang disampaikan Norman, ini merupakan masalah klasik, masalah finansial. Sudah satu tahun ini Norman membiayai sendiri proyek Pinguy OS. Sebelumnya ia belum menyerah, ia bermaksud menambah finansial Pinguy OS dengan membangun Pinguy Builder dan berharap mendapat donasi dari proyek ini. Tetapi semua percuma.

“120 jam pengerjaan Pingui-Builder/fork Remaster merupakan hal yang membuang-buang waktu.”

Pinguy OS merupakan distro GNU/Linux berbasis Ubuntu sedangkan Pinguy Builder adalah proyek fork remastersys. Pinguy Builder mampu membantu Anda yang ingin membuat livecd atau membackup sistem operasi berbasis Ubuntu.

Hingga kini, masing-masing proyek mandek di versi 14.04.4 (Pinguy OS) dan 4.* (Pinguy Builder) yang mendukung sistem operasi Ubuntu versi 15.04 ke atas.

Tidak terbantahkan, salah satu masalah pokok proyek-proyek FLOSS (Free/Libre Open Source Software) adalah dukungan finansial. Satu tahun terakhir ini, proyek yang hampir mati gara-gara dana adalah GnuPG, sebelum ia terselamatkan oleh komunitas, The Linux Foundation, dan Facebook.

Pinguy OS merupakan proyek kecil, tetapi cukup populer. Sangat disayangkan bila ia mati, semoga ada yang melirik dan meneruskan proyek distro GNU/Linux ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top