DracOs Linux

DracOs Linux, Distro Pentest dari Pengelola Indonesian Backtrack Team

DracOs LinuxSatu lagi distro Linux asli Indonesia yang hadir di tengah-tengah kita. Ia bernama DracOs Linux. Dari beragam distro Indonesia, DracOs Linux adalah satu-satunya distro yang fokus di bidang penetration testing, seperti Kali Linux.

“Dracos Linux dibuat untuk mengeksekusi setiap program yang terdaftar secara default supaya bisa diakses secara sah di mana saja, termasuk tool-tool Penetration Testing.” Tulis pengembang dalam situs DracOs Linux.

Sistem operasi GNU/Linux yang berbasis Linux From Scratch dan berlisensi GPLv3 ini akan selalu menjadi media edukasi sistem operasi GNU/Linux dan open source untuk masyarakat Indonesia, dengan semangat “oprek”, sebuah istilah untuk menggambarkan kontrol tak terbatas. Walau dibangun dari source, DracOs Linux tetap menyediakan manajer paket yang dijuluki venomizer.

Pengembangan DracOs Linux sangat aktif, ini bisa dilihat melalui situs dracos-linux.org pada bagian activity.

Di bulan Januari ini, ada tiga perbaikan bug yang terdiri dari tidak terdaftarnya Partition Table List di VMware Workstation 10, Setoolkit yang tidak terbuka, dan pada script instalasi DracOs. Serta dua update; config editor Nano dan font Terminus.

Ada dua target utama yang sedang dikerjakan oleh pengembang yakni peluncuran venomizer 1.1 dan DracOs Linux 0.2.0-x86_64 (yang sepertinya akan dirilis dalam waktu dekat ini). Bila Anda tidak sabar dengan versi 0.2.0, Anda juga bisa mengunduh versi 0.1.2-x86_64 dengan nama kode vairusa melalui repositori IBTeam dan repositori Ringlayer.

Pengembangan DracOs Linux dikomandoi oleh Zico Ekel (pendiri Indonesia Backtrack Team dan pencetus DracOs Linux) dan Antonius yang juga sekaligus menjadi pengembangnya. Pengembang lainnya terdiri dari arFha spy_, cyberking__, kiki kiki, dan Randall Tux. Dua yang terakhir juga merangkap sebagai reporter.

Saya tertarik untuk mengetahui waktu peluncuran versi 1. Tapi saya belum mendapatkan jawaban dari pencetus distro Linux ini. Tenang, jika ada update, akan saya tuliskan nanti.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top