Berita

Dari Ubuntu Mini Remix, grOS-MINI Beralih ke Debootstrap

grOS-MINI

grOS-MINI berjalan di VirtualBox (Randalltux)

Belum lama ini, salah satu pengembang GrombyangOS merilis versi awal grOS-MINI, varian GrombyangOS yang dikembangkan sebagai sistem operasi seringan mungkin seperti Linux BBQ.

Kemarin, 30 Agustus, Randalltux mengabarkan perkembangan selanjutnya mengenai distro ini. Dari yang sebelumnya versi 1.0, versi grOS-MINI diubah menjadi versi 1.0 unstable Rev4.

“Status grOS-MINI saat ini sudah mencapai unstable Rev4, hal ini dikarenakan saya mengubah version base dari Ubuntu Mini Remix menjadi debootstrap.” Ujar Randalltux.

Debootstrap adalah perkakas untuk menginstal sistem basis Debian ke sebuah subdirektori yang memang didedikasikan untuk membangun sistem operasi berbasis Debian.

grOS-MINI v1.0 Unstable Rev4 sudah mendukung gfxboot, gfxboot-themes, legacy boot, repositori source, dpkg-dev, uck, dwm, URxvt, dwmstatus, lxappearance, mupdf, feh, git, xorg-*, scrot, fontfont bitmap, berkas konfigurasi .Xdefaults, .xinitrc, zsh, dan pustaka-pustaka pendukung lainnya.

Hingga kini, grOS-MINI memiliki tiga pemelihara; Randalltux — ketua tim — sebagai pemelihara varian dwm, Ananda Putra Syafa’at sebagai pemelihara varian Fluxbox, dan Muhammad Yuga sebagai pemelihara PekWM. Serta satu artwork designer, Etc Session.

Ditargetkan, grOS-MINI versi final hadir akhir Agustus atau awal bulan September.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top