Free Software Open Source Software

CUPS 2.2 Diluncurkan, Dukung Internet Printing Protocol (IPP) Everywhere Print Queue

CUPSApple baru saja meluncurkan versi stabil terbaru CUPS (Common UNIX Printing System), perangkat lunak sistem pencetakan (printing) bebas dan open-source untuk sistem operasi GNU/Linux dan macOS.

CUPS 2.2 dirilis tiga bulan setelah kehadiran CUPS 2.1.4, yang membawa fitur baru yang menarik dan sangat penting, yakni dukungan IPP (Internet Printing Protocol) Everywhere print queue dan dukungan protokol http*Connect di GNU/Linux ketika daemon CUPS tidak aktif. Bersamaan dengan fitur baru ini, CUPS 2.2 juga memperbarui basis data tipe media yang didukung oleh IPP Everywhere.

Selain itu, CUPS teranyar ini juga menormalkan kode validasi TLS certificate, menambah pesan galat (error) untuk memudahkan pembenahan masalah (troubleshooting), memperbaiki masalah pada opsi “–no-remote-any” cupsctl, menambah dukungan nama yang lebih panjang pada berkas PPD, dan lainnya.

Pengguna GNU/Linux bisa mengunduh source code CUPS 2.2 di repositori kode Github atau menunggu instalasi binary nya di repositori sistem operasi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top