Distro Ubuntu

Canonical Rilis Teknologi Kernel Livepatch untuk Ubuntu

Kernel Livepatch

Kernel Livepatch (blog.dustinkirkland.com)

Canonical baru saja merilis layanan enterprise kernel livepatch nya untuk Ubuntu. Teknologi ini mirip seperti Kpatch milik Red Hat dan kGraft milik SUSE.

Dustin Kirkland mengumumkan kehadiran kernel livepatch ini di mailist ubuntu-announce.

“Kernel live patching mengaktifkan koreksi runtime pada masalah keamanan kritis di kernel Anda tanpa reboot. Ini merupakan cara terbaik untuk memastikan mesin aman di tingkat kernel, yang menjamin uptime, khususnya untuk host container di mana satu mesin menjalankan ribuan workload yang berbeda,” kata Dustin. “Kami dengan senang hati mengumumkan fitur enterprise baru ini, layanan komersial dari Canonical juga akan tersedia bebas biaya untuk komunitas Ubuntu.”

Komunitas Ubuntu bisa mendapatkan layanan Canonical Livepatch ini secara gratis, dengan syarat dipasang di tidak lebih dari tiga sistem operasi Ubuntu 16.04 LTS 64-bit. Apabila pengguna ingin mengaktifkannya di lebih dari tiga sistem operasi, pengguna bisa menjadi konsumen Ubuntu Advantage dan membeli layanan Canonical Livepatch seharga 12 dollar per bulan.

Layanan ini memang baru tersedia untuk arsitektur x86_64. Dukungan untuk POWER8, s390, dan ARM64 sedang dalam pengerjaan. Sedangkan belum ada harapan untuk arsitektur x86.

Jika Anda tertarik dengan kernel livepatch dari Canonical, Anda bisa membaca keterangan lengkapnya di blog milik Dustin Kirkland.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top