Open Source Software

Calamares 2.0 Dirilis, Fitur Pemartisian Gunakan KPMcore

Calamares

Calamares 2.0 di distro Netrunner (calamares.io)

Calamares, alat instalasi distro Linux, versi 2.0 diluncurkan.

Beberapa perbaruan di Calamares 2.0 di antaranya penulisan ulang fitur partisi, sekarang berbasis KPMcore (pustaka yang dipakai KDE Partition Manager). Perombakan sistem modul yang semakin memudahkan pengembang untuk mengatur dan merapikan tampilan maupun job. Dukungan mode post-install yang mengijinkan Calamares dijalankan pertama kali sebagai tool konfigurasi. Dan perbaruan pada modul-modul, seperti modul bootloader, locale, dan display manager.

Calamares merupakan alat instalasi yang dibuat secara independen, dalam artian bukan proyek distro Linux tertentu (misalnya Anaconda di Fedora dan DebianInstaller di Debian). Tool ini memiliki fitur pemartisian yang advance dan fitur-fitur lain yang memudahkan para pemelihara distro Linux untuk menyunting tampilan (menambah logo dan menambah modul) tanpa harus dengan patch.

Calamares dipelihara oleh Teo Mrnjavac, pengembang perangkat lunak dari Blue Systems (perusahaan di balik KDE), bersama dengan Anke Boersma (dukungan KaOS), Kevin Kofler (dukungan Fedora), Phil Mueller (dukungan Manjaro), Pier Luigi Fiorini (dukungan Maui), dan Rohan Garg (dukungan Debian).

Anda bisa melihat perkembangan Calamares di situs resminya: calamares.io.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top