Ilmu

Benarkah Unity adalah Desktop Environment?

Unity

Unity di Ubuntu 15.04

Kita setuju, ada beragam desktop environment yang berseliweran di jagat sistem operasi open source termasuk GNOME, KDE, MATE, Xfce, Unity, dan lain-lain. Tunggu, apakah Unity milik Ubuntu benar-benar DE? Sebenarnya bukan, ia adalah shell grafis yang berjalan di atas GNOME Shell. Bingung? Analogi yang disampaikan Matt Hartley (FreedomPenguin) semoga bisa membantu Anda untuk memahaminya.

Sekarang, bayangkanlah sebuah mobil. Mobil ini mempunyai mesin, radio, pedal gas, pedal rem, roda kemudi, sabuk pengaman, hal yang bisa dipakai untuk menyalakan, menghentikan, dan mengemudi mobil, serta tombol untuk men-trigger pergerakan mobil.

Analogi ini bisa disamakan dengan DE MATE dan GNOME. Keduanya sama, hanya saja MATE adalah mobil dengan merk sama seperti GNOME tapi memiliki model dan fitur-fitur yang berbeda.

MATE dan GNOME saling berbagi mesin yang sama, dan mesin ini adalah GNOME Shell. Mirip seperti mobil pada umumnya, beragam mobil dengan merk berbeda-beda tapi mesinnya sama.

Ketika saya menginjak pedal gas, mesin merespon. Hal yang sama saat saya memutar kunci mobil, mesin merespon. Dan saat saya menginjak rem, mesin akan berhenti. Semua komponen mobil yang saya pakai mempengaruhi mesin di level tertentu.

Jadi bagaimana dengan Unity? Untuk menggunakan Unity, kita perlu mengangkat mesin yang sudah ada (GNOME Shell), dengan begitu kita bisa memasang mesin baru (Unity). Belum tentu, mesin baru ini lebih bagus atau lebih buruk dari mesin yang lama. Ia hanya mesin dengan tipe yang berbeda. Mesin baru ini masih menggunakan gas, rem, radio, AC, dan komponen-komponen yang sama dengan sebelumnya.

Semoga analogi ini cukup membantu ya!

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top