Berita

The Linux Foundation: Makin Banyak Orang yang Menulis Kode Kernel

kernelSemakin banyak pihak yang ikut menulis kode kernel Linux, dari yang seorang peng-hobi sampai seorang profesional yang dibayar oleh perusahaan. Jangan salah, dari sekian banyak pengembang kernel Linux, banyak pula yang wanita.

Data ini dipublikasikan oleh The Linux Foundation dengan judul “Linux Kernel Development: How Fast It is Going, Who is Doing It, What They Are Doing and Who is Sponsoring It“.

Data ini fokus pada kontribusi untuk kernel versi 3.11 sampai 3.18. Beberapa hasil survei yang menarik adalah

  • Separuh dari progammer yang berkontribusi dalam kode kernel sejak laporan terakhir (September 2013) adalah kontributor-pemula. Fakta ini menunjukkan bahwa komunitas pengembang makin tumbuh dan berkembang.

  • Lebih dari 80 persen kontributor dibayar oleh perusahaan. Data ini memperlihatkan bahwa selain relawan atau peng-hobi, sebagian besar kontribusi terhadap kernel linux adalah bagian dari pekerjaannya, yang mencerminkan bahwa semakin banyak perusahaan-perusahaan yang tertarik pada Linux.

  • FOSS Outreach Program for Women masuk 13 besar organisasi yang berkontribusi pada kode kernel Linux. FOSS OPW adalah organisasi/komunitas yang para anggotanya adalah para wanita.

Laporan ini akan disampaikan oleh The Linux Foundation di Collaboration Summit yang akan diadakan di Santa Rosa.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “The Linux Foundation: Makin Banyak Orang yang Menulis Kode Kernel

  1. orang indonesia ada gak yha? 😀 Khan banyak juga warga indonesia yang semangat open source

    1. Nah, itu saya juga penasaran 😀 Mungkin ada, tapi mungkin juga blum ada.
      Menurut saya, kebanyakan di Indonesia lebih minat ke pemrograman level-tinggi/high-level belum banyak yang minatnya ke yang level-rendah/low-level (yang berhubungan langsung ke mesin; prosesor, RAM, driver) hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top