KDE

Plasma 5.5 Hadir, Bawa Fitur Baru di Application Launcher dan Screenlocker yang Lebih Aman

kde frameworksPlasma update lagi, setelah Plasma 5.4.3 dirilis sebagai bugfix release bulan November lalu.

Plasma 5.5 hadir dengan kumpulan icon-icon yang lebih baru sehingga penampilannya lebih ciamik, dukungan tampilan dua kolom pada Plasma Widget explorer, dan penambahan fitur-fitur baru pada Application Launcher seperti kemampuan memperlihatkan aplikasi yang baru dibuka.

Pengembang juga merilis Applet-applet baru termasuk Color Picker untuk mengambil warna dan secara otomatis Plasma akan meng-copy formatnya dalam Hex, RGB, QML, Qt, dan LaTeX. User Switcher, Disk Quota, dan Activity Pager. Selain itu, Plasma 5.5 juga mendukung legacy icon di system tray.

Ada pula desain baru pada fitur Discover serta penambahan fitur validasi WPA/WPA2 Enterprise pada NetworkManager.

Seperti berita sebelumnya, Plasma 5.5 memiliki screenlocker. Screenlocker di KWin benar-benar akan mengamankan layar Anda dari tangan-tangan jahil. Di screenlocker berbasis X11, pengguna akan tetap bisa masuk ke sistem tanpa harus membuka screenlocker, misalnya mengatur volume. Di screenlocker Plasma 5.5, itu tidak akan terjadi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top