Fedora

Peramban Chromium Akan Segera Hadir di Repositori Fedora

chromiumPengembang maupun pemaket Fedora sedang sibuk-sibuknya memasukkan peramban web Chromium ke repositori Fedora.

Hingga saat ini, Chromium belum menjadi paket resmi di repositori Fedora karena masalah kebijakan. Chromium menggunakan pustaka-pustaka miliknya sediri; libxml, libxslt, libjingle, minizip, dan lainnya alih-alih memakai pustaka bawaan sistem. Chromium pun hanya bergantung pada FFmpeg, yang notabene dianggap Fedora tak cukup legal untuk mereka gunakan. Tapi Fedora akan tetap memaketkan Chromium dengan back-end GStreamer.

Keinginan untuk menyediakan Chromium adalah karena kepopuleran Google Chrome. Sangat tidak mungkin Fedora meyediakan Google Chrome di repositori resmi mereka, oleh karena itu, Chromium—versi open source dari peramban milik Google—dianggap sebagai penggantinya.

Dukungan penyediaan Chromium juga diperlihatkan oleh pemelihara Fedora spin. Beberapa dari mereka berminat menggunakan Chromium sebagai peramban default menggantikan Firefox.

Anda bisa mengikuti diskusi mengenai hal ini di mailist Fedora.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top