Berita

Pengembangan GnuPG Terselamatkan Oleh Komunitas, Linux Foundation, dan Facebook

warner kochSebuah artikel di propublica.org menyebutkan bahwa Warner Koch, seorang pengembang yang hampir dua dekade membuat Gnu Privacy Guard dan masih memeliharanya hingga hari ini, mendapatkan kesulitan finansial serta secara serius akan menghentikan proyek tersebut. Akan sangat sulit dibayangkan jika proyek penting ini dihentikan.

Masih ingat kan apa yang terjadi dengan proyek OpenSSL yang sama sekali tidak dibiayai serta tidak mempunyai tenaga pengembang yang cukup? Proyek ini pernah mendapatkan kerentanan yang fatal, cukup terkenal dengan sebutan Heartbleed.

Beruntungnya Warner Koch

Setelah artikel Propublica diterbitkan, dia mendapatkan suntikan dana sebanyak 60.000 dollar Amerika (sekitar 762 juta rupiah) dari Core Infrastructure Initiative Linux Foundation serta tak kurang dari 150.000 dollar Amerika (sekitar 1,9 milyar rupiah) dari komunitas. Selain itu Facebook dan Stripe menyediakan dana sebanyak 50.000 dollar Amerika (sekitar 634 juta) per tahun. Dengan adanya suntikan dana ini, Warner tidak perlu lagi mengkhawatirkan sisi finansialnya.

Sepertinya masih banyak proyek-proyek penting seperti GnuPG yang memiliki masalah yang sama. Oleh karena itu, akan lebih baik kita segera mendengarkan masalah mereka daripada menunggu mereka terlibat masalah yang lebih parah dan mengancam proyek-proyek penting di dunia open source.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top