Berita

Mozilla Dapatkan Partner Iklan Pertamanya

Mozilla ingin terus membuat proyek Firefox menghasilkan keuntungan finansial, dan salah satu caranya adalah menggunakan iklan. Iklan ini akan muncul pada tiles, yang dianggap problematis.

Para pengguna tidak menginginkan iklan di produk mereka, dan tentunya merasa tidak nyaman dengan hadirnya banyak iklan di aplikasi yang ditujukan untuk berselancar di internet itu. Tapi dilihat dari sudut pandang Mozilla, mereka ingin menghasilkan uang. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Mozilla sudah tidak mendapatkan uang 240 juta dollar pertahun dari kerjasamanya dengan Google.
suggested tiles
Firefox tak lagi di atas Google Chrome, dan Google sudah tidak memberikan uang ke Mozilla seperti dahulu kala, jadi Mozilla harus berpikir keras untuk mendapatkan uang dari sumber lain. Nah, iklan-yang-dipasang-di-browser-Firefox lah satu-satunya ide yang muncul di permukaan.

Sebenarnya komunitas tidak bisa menoleransi keputusan ini, tapi di sisi lain mereka tidak memiliki kekuatan untuk menolaknya. Suggested Tiles (tiles khusus untuk iklan) sudah tersedia untuk Firefox versi US beberapa waktu lalu, jadi “fitur” ini sebenarnya sudah berjalan aktif.

Mozilla menyebut hal seperti ini sebagai “improvisasi pengiklanan digital”, “mempromosikan konten”, “menambah nilai”, dan sebagainya. Alasan-alasan yang mereka sampaikan adalah jargon utama perusahaan. Tapi akhirnya, semua berakhir ke tujuan yang sama: iklan di dalam browser.

“Semenjak Agustus, kami telah memasang konten-yang-dipromosikan yang disediakan oleh partner gelombang pertama kami termasuk Yahoo, beberapa media berita top termasuk Fortune Magazine dan Quartz, dan partner yang berorientasi pada misi seperti Make-a-Wish Foundation dan Electronic Frontier Foundation,” tulis Darren Herman.

Mozilla mengingatkan pada semua orang, mereka tidak mengumpulkan data pengguna, iklan akan muncul secara transparan dan jelas, dan para pengguna bisa tahu mengapa mereka melihat iklan tersebut (dengan cara melihat history).

Walaupun begitu, keputusan Mozilla ini mengundang kekecewaan dan kecaman dari banyak pengguna.

Gambar: Mozilla

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top