Berita

Mark: Canonical Berminat Menjadi Perusahaan Publik

mark shuttleworthDalam sebuah wawancara di OpenStack Summit, Mark Shuttleworth selaku pendiri Canonical—perusahaan di belakang Ubuntu—mengungkapkan bahwa ia tertarik untuk meng-IPO-kan perusahaan pribadinya.

IPO atau Initial Public Offering merupakan sebuah usaha untuk membagi saham perusahaan ke publik.

Keputusan ini tidak serta merta ia lakukan karena ia juga butuh waktu untuk berbincang-bincang dengan tim Canonical. Faktanya, pembahasan akan dibukanya IPO untuk Canonical telah mereka lakukan beberapa bulan terakhir.

Ketika ditanya mengapa Mark Shuttleworth tertarik membuka Canonical ke publik, “Sekarang kami punya cerita di mana pasar akan mengerti”.

Semua cerita Canonical tak sepenuhnya menguntungkan, tapi divisi OpenStack lah yang bisa menguntungkan. OpenStack—proyek cloud open source paling populer—sudah dipakai perusahaan sekelas AT&T dan Walmart. Canonical pun juga telah bekerja sama dengan Microsoft beserta VMware untuk memberikan teknologi cloud OpenStack berbasis Ubuntu ke platform tersebut. Pada tahun 2014, sebanyak 44 persen sistem operasi OpenStack berjalan di Ubuntu.

Tapi, Canonical tak hanya ingin menjadi perusahaan di bidang cloud. “Kami masih terus berinvestasi di (teknologi container) seperti LXD dan Snappy Core Ubuntu”.

Dalam sebuah wawancara dengan ZDNet, Shuttleworth berujar, “Bermain di beberapa bagian tersebut benar-benar sangat menarik. Saya mengerti kenapa banyak orang berkata, ‘Ini adalah hal yang gila—apa yang Anda lakukan, membuat ponsel?’. Tapi lihatlah segala hal yang menakjubkan yang datang darinya. Hal-hal dasar tersebut sekarang menjadi platform IoT kami yang baik. Perpindahan terbesar terakhir ini berjalan di Ubuntu. Apa itu? Itu adalah sistem operasi mobile kami hanya saja tanpa antar muka ponsel, tapi semua itu memiliki properti yang sama.”

Dengan kata lain, Canonical berminat mendapatkan keuntungan dari teknologi cloud, tanpa meninggalkan riset dan usahanya di bidang IoT (Internet of Things), ponsel pintar, atau desktop.

Akan sangat menarik bila ini terjadi.

Gambar: Mark Shuttleworth (2006), CC

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top