Berita

Linux, Selamat Ulang Tahun ke 24!

linux ulang tahunTepat 24 tahun yang lalu (25 Agustus 1991), Linus Torvalds merilis Linux di newsgroup comp.os.minix.

Bicara mengenai nama “Linux” itu sendiri, apakah sejak awal peluncurannya, Torvalds sudah menamainya sebagai Linux?

Ternyata tidak. Seperti cerita Torvalds dari hasil wawancara yang dilakukan oleh seorang jurnalis, Glyn Moody, pada Desember 1996.

“Orang yang sama yang bicara tentang belum adanya standar yang tersedia (Ari Lemmke -pen), mengatakan padaku tentang ketertarikannya dengan kernel, sistem operasi. Dia memiliki ruang kecil di [server FTP] ftp.funet.fi, dan ia berkata: ‘Hey, aku menempatkan sebuah direktori yang disisihkan untukmu.’ Dia membuat direktori /pub/os/linux.” Ujar Torvalds.

“Linux adalah nama pekerjaanku, ini berarti bahwa dia tidak benar-benar menamainya, tapi aku tidak pernah ingin merilisnya sebagai Linux. Linux adalah nama pekerjaan yang sempurna, tapi jika aku menggunakannya sebagai nama resmi satu orang, aku pikir aku egois, dan tak akan menganggapnya serius. Jadi aku memilih nama buruk ‘Freax’, untuk ‘Free Unix’. Beruntung, Ari Lemmke menggunakan nama ini (Linux -pen). Dan setelah itu dia tak pernah mengubahnya.”

Dari sebuah proyek kecil-kecilan, sekarang Linux sudah menjadi proyek open source paling besar yang pernah ada. Sangat beruntung kita memiliki “bapak open source” seperti Linus Torvalds dan sekarang dengan bebasnya bisa menggunakan beragam distribusi Linux.

Selamat ulang tahun yang ke 24 Linux!

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top