KDE

Komunitas KDE Perkenalkan Sistem Operasi Open Source: Plasma Mobile

plasma mobilePersaingan untuk mengembangkan produk mobile makin kuat. Lihat saja Tizen, Firefox OS, Ubuntu Touch, dan Sailfish OS, mereka sama-sama ingin memecah pasar Android yang selama ini “memonopoli” dunia sistem operasi mobile.

Satu lagi sistem operasi mobile baru yang ikut masuk ke persaingan tersebut adalah Plasma Mobile. Plasma Mobile merupakan bukti pengembangan desktop konvergen untuk lingkungan KDE.

Dibanding dengan Android, Plasma Mobile benar-benar bermaksud menjadikan dirinya sebagai sistem operasi bebas. Selama ini, Android tidak menjadi sistem operasi bebas. Sangat banyak perangkat Android yang terkekang oleh toko aplikasi yang dimiliki produsen ponsel. Dan sangat banyak pula aplikasi-aplikasi Android yang tidak free (bebas).

Bagi orang-orang yang peduli dengan kebebasan dan privasi, sistem operasi yang dikembangkan KDE ini bisa menjadi sebuah pilihan. Pengguna bisa menggunakan aplikasi native dan portable berbasis Qt dan GTK. Selain itu, mereka juga bisa memasang aplikasi Android dari Google Play maupun aplikasi Ubuntu Touch.

Bagi yang tertarik ingin mencoba Plasma Mobile, Anda bisa mengunduh prototipenya di plasma-mobile.org untuk perangkat Nexus 5.

Gambar: Komunitas KDE

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top