Browser

Google Hentikan Dukungan NPAPI di Chrome 42

chrome npapiGoogle Chrome 42 diluncurkan dengan perbaikan 45 kerentanan (vulnerability). Tapi kabar yang menarik adalah penonaktifan fitur NPAPI secara default, dengan kata lain Chrome 42 menonaktifkan plugin Java dan Silverlight secara default.

Keputusan penonaktifan NPAPI ini tidak mendadak, para pengembang dan pengguna sudah diperingatkan mengenai hal ini lebih dari setahun lalu. NPAPI dianggap sebagai fitur yang menyebabkan banyak masalah.

“Hari ini peramban web benar-benar lebih cepat, aman, dan cakap daripada para pendahulunya. Sementara itu, NPAPI merupakan arsitektur era 90-an yang menjadi akar masalah hang, crash, insiden keamanan, dan kompleksitas kode. Oleh karena itu, Chrome akan menonaktifkan secara bertahap dukungan NPAPI beberapa tahun ke depan,” tulis Justin Schuh di bulan September 2013.

Chrome sangat berhati-hati dalam melakukan hal ini. Yang akhirnya direalisasikan untuk Google Chrome versi 42.

“Di April 2015 (Chrome 42) dukungan NPAPI akan dinonaktifkan secara default di Chrome dan kami akan membatalkan publikasi ekstensi yang membutuhkan plugin NPAPI dari Chrome Web Store. Semua plugin NPAPI akan muncul sebagai plugin yang tidak terpasang, sebagaimana juga tak akan muncul di navigator, sebaga daftar plugin yang tak terpasang (bahkan sebagai pengganti). Walaupun para penyedia plugin sedang bekerja keras untuk pindah ke teknologi alternatif, beberapa pengguna masih mengandalkan plugin yang belum dipindah,” ujar Google secara resmi.

“Kami akan menyediakan pembatalan penonaktifan NPAPI untuk pengguna lanjutan (advanced) (melalui chrome://flags/#enable-npapi) dan untuk kalangan perusahaan (melalui Enterprise Policy) bisa mengaktifkan kembali NPAPI secara sementara (melalui laman aksi UI) sementara mereka menunggu plugin-plugin penting melakukan transisi. Sebagai tambahan, setel segala kebijakan Enterprise (seperti EnabledPlugins, PluginsAllowedForUrls) bisa mengaktifkan kembali NPAPI secara sementara.”

Fitur pembatalan penonaktifan NPAPI ini akan dihapus tahun depan. Di Chrome 45, Google akan menghapus dukungan NPAPI secara total.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top