Ubuntu

Di HUT RI Ke-70, Ubuntu Indonesia Diluncurkan

ubuntu indonesiaTepat di hari kemerdekaan Indonesia ke-70, Yayasan Teknologi Terbuka Indonesia atau YaTTI merilis distro Ubuntu Indonesia. Distro Linux ini disebut sebagai distro yang mempunyai konfigurasi khusus dengan memakai default sistem dan memakai beberapa standar program aplikasi untuk pemerintah serta kalangan bisnis di Indonesia.

Ubuntu Indonesia membawa semua kemampuan distro Ubuntu, ditambah dengan segala konfigurasi berformat Indonesia (bahasa, zona waktu, format tanggal, dsb). Tapi apakah Ubuntu Indonesia hanya merupakan distro Ubuntu berkonfigurasi Indonesia? Ternyata tidak. Berbeda dengan Ubuntu yang menggunakan sistem perilisan versi baru secara konvensional, Ubuntu Indonesia menerapkan sistem rolling release. Pengembang berjanji akan selalu meng-update dan meng-upgrade sistem core dan paket setiap hari sehingga pengguna tak perlu bersusah-susah mengunduh berkas bermega-mega setiap 6 bulan sekali.

Ubuntu Indonesia ini berbasis Ubuntu 15.04 64bit dengan memakai kernel Linux 3.19.0-25-generic. Beberapa aplikasi bawaan yang bisa ditemukan adalah Chromium, Firefox, Dia, GIMP, Empathy, gOcr, LibreOffice, InkScape, VLC, Xsane, dan Thunderbird, beserta codec dan driver-drivernya.

Selain menyediakan versi desktop personal, Ubuntu Indonesia juga menyediakan versi enterprise untuk pemerintahan, perusahaan, maupun organisasi melalui Okusi Infotech, Inixindo, STT Terpadu Nurul Fikri, dan lainnya.

Tertarik mencoba dan memakai Ubuntu Indonesia? Anda bisa mengunjungi laman peluncuran resmi Ubuntu Indonesia.

Update (19/8/2015):

Sayangnya merk “Ubuntu” dalam “Ubuntu Indonesia” masih menjadi polemik, apakah sudah mendapatkan ijin dari pihak Canonical atau belum. Hingga saat ini pihak pengembang Ubuntu Indonesia belum memberikan konfirmasi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “Di HUT RI Ke-70, Ubuntu Indonesia Diluncurkan

  1. Ivan says:

    Jadi, Ubuntu Indonesia ini nama resminya “Ubuntu Indonesia 1.0” atau “Ubuntu Indonesia 15.04”? Memangnya bisa Ubuntu Indonesia ini pakai rolling release kalau basisnya di 15.04 (non-LTS)?

    1. Kalau dilihat dari berkas isonya (ubuntu-indonesia-15.04-desktop-amd64.iso) berarti Ubuntu Indonesia 15.04.

      Secara pribadi, jujur, saya meragukan sifat rolling release distro ini. Entah apa arti rolling release yang dimaksud oleh pihak YaTTI. Tidak ada keterangan apapun secara teknis mengenai ini di situs resminya.

      1. Ivan says:

        Sepertinya Ubuntu Indonesia ini masih malu-malu, belum prime time nya kali.

        1. a.k.a belum all out ya. hehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top