Berita

Dari Photoshop, Universitas Ini Berpaling ke Krita

kritaSudah begitu banyak lembaga pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan perusahaan-perusahaan di berbagai negara yang mengganti perangkat lunak proprietary dengan perangkat lunak open source.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu universitas di Prancis, Universitas Paris 8. Mereka memutuskan untuk mengganti Photoshop dengan Krita.

Mengganti aplikasi Photoshop dengan Krita merupakan hal yang tidak mudah. Krita bukanlah aplikasi tiruan Photoshop, keduanya adalah aplikasi yang sangat berbeda.

Melalui situs Krita dijelaskan bahwa departemen ATI (Art and Technology of Image) Universitas Paris 8 telah beralih ke Krita tahun ini. Departemen ini memiliki dua tujuan yakni melatih mahasiswa untuk memakai perangkat lunak grafis (2D, 3D, VFX, dan Compositing) dan membuatnya sendiri dengan kode (Python, C#, C++). Baru-baru ini kelas-kelas di departemen ini hanya memakai Adobe Photoshop, tapi karena pihak perusahaan tak memberikan dukungan yang cukup, pihak departemen memutuskan untuk menggantinya.

Seperti yang bisa dibayangkan, perpindahan ini tak akan bisa dilakukan dalam semalam, para mahasiswa harus belajar lagi serta beradaptasi dengan aplikasi baru.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top