Distro

ChaletOS, Distro Bening Cocok untuk Pemula

chaletosBanyaknya pilihan distro Linux yang bisa dipakai, membuat cukup banyak pengguna pemula kebingungan. Umumnya, syarat pokok pindah ke Linux adalah tampilannya yang mirip Windows, karena tampilan merupakan hal pertama yang mereka amati.

Satu lagi, distro Linux baru yang berasal dari Serbia, berusaha menyajikan distro untuk para pemula yang sangat mirip Windows.

Distro Linux yang dinamakan sebagai ChaletOS ini berbasiskan Xubuntu 14.04.3 LTS. Tidak diragukan lagi, Xubuntu merupakan salah satu distro yang menawarkan kesederhanaan dan keringanan. “Fitur” inilah yang juga menjadi “fitur” ChaletOS, hanya saja si ChaletOS menampilkan kesederhanaan dengan cara berbeda.

Dengan desktop environment Xfce yang telah dikustom, ChaletOS memberikan tampilan segar dan bening layaknya Windows 7. Pengguna pun masih bisa mengustomnya sendiri, misalnya dengan mengganti taskbar, titlebar start menu, bentuk icon, dan lainnya.

Versi terbaru yang dirilis 17 Agustus kemarin membawa beberapa aplikasi seperti GIMP, Risetto, Firefox, Evince, ChaletOS Style Changer (untuk mengganti tampilan), Audacious, Brasero, Cheese, VLC, BleachBit, GDebi Package Installer, Synaptic Package Manager, dan lain sebagainya. Untuk gaming, ChaletOS membawa PlayOnLinux.

Distro lightweight ini bisa dijalankan di perangkat dengan CPU minimal 1GHz, RAM 512MB, Hard drive 8GB, dan kartu grafis yang mendukung resolusi minimal 1024×768. Cukup enteng bukan?

Anda bisa mengunduh ChaletOS melalui laman resminya.

Gambar: ChaletOS

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “ChaletOS, Distro Bening Cocok untuk Pemula

  1. jodieisme says:

    Ini ada long term supportnya gak..?

    1. Gak ada keterangan resmi dari situsnya. Bisa iya bisa nggak.

      Tapi, dilihat dari proyeknya yang masih kecil, pengembang hanya akan mengikuti terus versi Xubuntu LTS.

      Dibilang ada LTS, iya ada (karena basisnya Xubuntu 14.04 LTS). Dibilang gak ada LTS juga benar, karena ChaletOS gak punya repositori sendiri (pakai repositorinya Xubuntu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top