Open Source Software

BUS1, IPC Bus Baru Pengganti KDBUS?

Bus1Masih ingat dengan proyek ambisius yang dilakukan pengembang Systemd: KDBUS? KDBUS (baca: Kernel DBus) merupakan implemantasi IPC mechanism, DBus, yang dimasukkan ke dalam kernel Linux.

Sudah beberapa kali pengembang Systemd mengirim pull request KDBUS melalui LKML. Dan selama itu pula Linus Torvalds menolak, seringnya karena Torvalds menganggap kode KDBUS buruk. Puncaknya, pengembang KDBUS menyarankan ke distro-distro Linux yang menyertakan KDBUS untuk segera menghapusnya, yang diawali dari distro Fedora Rawhide awal November lalu.

Alasan penghapusannya adalah pengembang berusaha untuk mendesain ulang KDBUS yang sepertinya terlihat dalam proyek BUS1. BUS1 berisi library libbus1, modul kernel bus1, komponen-komponen UEFI, dan beberapa tool inisialisasi lainnya. Proyek ini berlisensi LGPLv2.1.

BUS1 dikembangkan oleh David Herrman, yang dipimpin oleh Kay Sievers. Keduanya adalah pengembang Systemd dan karyawan Red Hat.

Dibandingkan dengan KDBUS, BUS1 tidak terlalu bergantung pada kode DBus.

Saat ini belum ada pengumuman resmi di milist Systemd maupun LKML mengenai BUS1 ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top