Open Source Software

Bapak JavaScript, Brendan Eich, Umumkan Proyek WebAssembly

Brendan EichBersamaan dengan diskusi pengembangan WebAssembly untuk LLVM, mantan CEO Mozilla—Brendan Eich— mengumumkan adanya proyek baru WebAssembly ini. WebAssembly merupakan sebuah proyek untuk meningkatkan kecepatan aplikasi web dan digadang-gadang bisa “membunuh” JavaScript.

WebAssembly dianggap sebagai proyek suksesi Asm.js, sebuah dialek JavaScript yang oleh khalayak umum disebut sebagai “bahasa assembly untuk web”. Seperti Asm.js, WebAssembly dijalankan melalui engine JavaScript. Namun bedanya, WebAssembly memakai format binary low-level seperti bytecode yang mampu berjalan lebih cepat daripada Asm.js.

Tujuan jangka panjang pengembangan WebAssembly yakni bisa menjadi format obyek binary untuk web dan bisa dipakai untuk mengompile segala bahasa pemrograman.

Proyek WebAssembly sendiri telah didukung oleh Google, Microsoft, dan Mozilla yang sebelumnya memang sudah memakai Asm.js untuk peramban web yang mereka kembangkan.

“Kami senang bahwa kami di Mozilla mulai bekerjasama dengan Chromium, Edge, dan insinyur WebKit untuk membuat standar baru, WebAssembly, sebuah format portable, berukuran efisien, dan memiliki waktu load yang efisien, serta model eksekusi yang spesifik didesain untuk melayani pengompilasian Web.” Tulis pengembang Mozilla Luke Wagner.

Pihak dari Microsoft yang diwakili oleh Mike Holman melaporkan “datang ke kesepakatan umum untuk berbagi tujuan.” Salah satu tujuan yang dimaksud adalah proyek WebAssembly tersebut.

Keseriusan pengembangan WebAssembly juga bisa dilihat dari terbentuknya WebAssembly Community Group di bawah naungan World Wide Web Consortium (W3C).

Foto oleh: Darcy Padilla, CC

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top