Berita

Akhir Tahun ini, Apple Open Source-kan Swift

swiftMengikuti keputusan kompetitor untuk mulai masuk ke dunia open source, Apple berminat mengubah Swift menjadi proyek open source akhir tahun 2015 ini. Oleh Apple, Swift diharapkan menjadi proyek yang besar seperti harapan Microsoft dengan .NET nya, Google dengan Go, dan Mozilla dengan Rustnya.

Keputusan ini disampaikan oleh Craig Federighi, wakil presiden senior Apple bidang software engineering dalam Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Fransisco.

“Kami pikir Swift bakal menjadi bahasa pemrograman yang besar, salah satu hal yang bisa dipakai untuk membangun aplikasi dan pemrograman sistem selama 20 tahun yang akan datang,” ungkap Federighi. “Kami pikir Swift seharusnya di mana saja dan dipakai semua orang.”

Apple menganggap Swift sebagai “suksesor” bahasa C dan Objective-C yang mendukung pemrograman berorientasi objek dan optimasi dengan modul. Mereka juga menyebut Swift masuk dalam survei Stack Overflow sebagai bahasa pemrograman yang dipakai banyak pengembang.

Dalam perjalanannya menjadi proyek open source, Apple memperkenalkan Swift 2 yang membawa perbaruan pada error handling, ekstensi protocol, dan lainnya.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top