Distro

VolksPC, Distro Baru dengan Debian dan Android

volkspc debian android
Satu lagi distribusi Linux (distro) baru berbasis Debian yang menggunakan ARM. Distro Linux baru ini disebut-sebut bisa menjalankan aplikasi Linux dan Android di mode native.

Dikembangkan oleh pengembang MicroXwin, VolksPC menawarkan sebuah sistem operasi dengan rasa ARM-Debian yang mendukung aplikasi desktop Debian. VolksPC juga mendukung video HD dan YouTube.

Sang pengembang menuliskan bahwa mereka membuat sebuah distribusi Linux terpadu yang bisa menjalankan aplikasi Android dan Debian LXDE/XFCE secara bersamaan dengan kecepatan native. Di ARM, distribusi Linux ini berbasis ARMHF Debian Wheeze rootfs yang dimodifikasi.

Di kutip dari Phoronix, sang pengembang mengklaim bahwa aplikasi yang dijalankan di dua lingkungan tersebut (Android dan Debian) berjalan dengan kecepatan native, yang berubah di Android hanya pada script startupnya.

Perusahaan tersebut sudah mulai mengeluarkan mini-PC yang berjalan di sistem dual-core Rockchip RK3066 CPU berkecepatan 1.4 GHz, 16 GB NAND flash, output VGA, dan sebagainya.

VolksPC: www.volkspc.org

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top