Berita Distro

Sonar Linux, Distro untuk Penyandang Cacat

sonar linuxSonar Linux 2014.1 Beta1 baru saja diluncurkan. Distro ini sangat menarik karena fokus pada assistive technology (teknologi bantu) yang sangat lengkap.

Assistive technology yang ditawarkan oleh distro Linux ini adalah screen reader untuk penyandang tuna netra dan low vision (menggunakan Orca). Aplikasi magnifier yang ditujukan juga untuk penyandang low vision. Fitur on-screen keyboard yang cocok untuk orang yang kesulitan menggunakan keyboard atau orang yang memiliki motorik lemah. Dan font yang ditujukan untuk orang yang menyandang disleksia.

Sonar Linux ini berbasis Manjaro Linux (sebuah distro yang dikembangkan dari Arch Linux).

Kyle Brouhard, pimpinan pengembangan Sonar Linux, bekerja keras memimpin sebuah tim untuk mengembangkan distro unik ini agar menjadi distro dengan assistive technology yang sukses.

Secara teknis, Sonar Linux menggunakan DE Gnome 3.12 dan kernel 3.14. Dengan kernel ini, Sonar Linux sangat mendukung UEFI bekerja lebih baik.

Anda bisa mencicipi distro ini di website Sonar Linux.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top