Distro Ubuntu

Selamat Ulang Tahun Ubuntu yang ke 10!

ubuntu ulang tahun

Tepat pada tanggal 20 Oktober kemarin atau sepuluh hari setelah Unity berusia 4 tahun, Ubuntu merayakan hari kelahirannya yang ke 10. Usia yang masih cukup muda jika kita bandingkan dengan usia manusia namun ini membuktikan bahwa Canonical dengan sistem operasi open source nya mampu menggaet pasar yang cukup tinggi walaupun masih “imut”. Di Distrowatch Ubuntu berada di peringkat dua setelah Linux Mint dengan poin sebanyak 1851.

Mark Shuttleworth, sang penggagas Ubuntu serta pendiri Canonical meluncurkan Ubuntu 4.10 “The Warty Warthog Release”. Peluncuran ini ia umumkan melalui surat elektronik tertanggal 20 Oktober 2004.

“Ubuntu adalah distribusi Linux terbaru yang membawakan kehebatan Debian dengan penginstallan yang lebih mudah dan cepat, peluncuran reguler (setiap enam bulan), seleksi ketat terhadap paket yang terinstall secara standar, serta komitmen untuk memperbarui keamanannya setiap 18 bulan dan dukungan teknis setiap peluncurannya.” Tulis Shuttleworth melalui surel tersebut.

Shuttleworth juga meyakinkan para calon penggunanya bahwa Ubuntu merupakan perangkat lunak free (bebas) yang bisa didapatkan dengan bentuk CD. Shuttleworth juga menawarkan Ubuntu dengan gratis, dan tim Ubuntu berkomitmen untuk tetap terus menawarkannya secara gratis.

Sepuluh tahun kemudian, Canonical meluncurkan Ubuntu 14.10 “Utopic Unicorn” dengan desktop Unity.

Selamat ulang tahun Ubuntu!

Gambar: fridge.ubuntu.com

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top