Berita Distro

Sabayon Putuskan ‘Bunuh’ x86 (32bit)

sabayon

Fabio Erculiani, pencipta distro Linux Sabayon, akhirnya memutuskan untuk menghapus Sabayon versi x86 (32bit). Hal ini dia lakukan dengan cara menghentikan image versi x86, repositori paket, dan semua dukungannya.

Dikutip dari blog Sabayon, dia mengatakan bahwa 32bit sudah tidak penting lagi, komputer modern sekarang sudah hadir dengan RAM bergiga-giga byte. Beberapa distro sudah melakukan hal ini (menghapus 32bit -red), seperti RHEL (Red Hat Enterprise Linux) 7 yang sudah tidak ada versi 32bit.

Bagi Anda pengguna Sabayon x86, Fabio memberikan 5 hal yang bisa Anda lakukan, yakni:

  • Pastikan CPU Anda tidak mendukung versi x86_64. Tapi mungkin saja Anda akan terkejut bahwa CPU Anda bisa menjalankan kode x86_64 dengan sangat lancar.

  • Anda bisa membeli CPU baru yang mendukung sistem x86_64.

  • Bermigrasilah ke distro lain yang masih menyediakan versi 32bit.

  • Ganti sistem Sabayon Anda ke Gentoo/Portage.

  • Bakar motherboard dan CPU dengan cara melakukan overclock gila-gilaan. Ketika CPU Anda sudah rusak, pukul itu dengan palu dan teriaklah “You shall not compute!

Langkah-langkah penghapusan versi x86 dimulai pada Juni 2014, dengan cara tidak menyediakan image x86 di halaman unduhan, walaupun masih disediakan di halaman mirror. Pada Juli/Agustus 2014 akan dihentikannya image x86 di daftar rilis harian dan bulanan. Selanjutnya Oktober 2014, Anda tidak akan menemukan image x86 di halaman mirror. November 2014, pengembang akan mengentikan segala update termasuk update keamanan untuk image x86. Finalnya adalah pada bulan Januari 2015, pengembang tidak akan menyediakan lagi paket-paket sistem x86 di halaman mirror.

Setelah Januari 2015, pengguna Sabayon x86 tidak akan lagi bisa menginstal paket baru lagi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top