Play Linux

Play Linux, Distro Gaming Linux Berbasis Ubuntu

play linux distro gamingPlay Linux, sistem operasi gaming berbasis Ubuntu 14.04.1 LTS atau Ubuntu Trusty Tahr telah diluncurkan.

Sudah sangat banyak distro Linux yang bisa menjalankan library Steam tanpa begitu banyak masalah, tetapi tidak sedikit pengguna yang menginginkan sesuatu dengan senyaman mungkin tanpa harus jago linux.

Beberapa developer telah mengembangkan distro Linux yang disertai dengan driver-driver dan semua aplikasi yang diperlukan. Hal ini dilakukan untuk membuat platform open source ini lebih atraktif daripada yang lain. Tujuan utama mereka adalah membuat segalah terasa mudah dengan sedikit mungkin intervensi dari para pengguna.

Play Linux merupakan distro Linux yang dikembangkan dengan basis Ubuntu 14.04.1. Alih-alih menggunakan desktop environment Unity, Play Linux menggunakan DE Cinnamon yang lebih ringan dan lebih familiar bagi pengguna Windows.

Faktanya, sistem operasi seperti ini lah yang diinginkan banyak orang untuk menghentikan praktik dual-booting dari Linux ke Windows ketika ingin memainkan game. Ini berarti sistem ini menyediakan tool dan pengalaman yang sebaik mungkin. Dan beberapa hal yang penting untuk merealisasikannya adalah pada driver.

Secara default, Ubuntu menggunakan driver open source yang sudah cukup baik tapi tidak cocok untuk gaming. Secara normal, pengguna akan mengunduh driver resmi dari website NVIDIA dan AMD, tapi Play Linux sudah menyediakannya secara default.

Tool-tool yang bisa Anda temukan di distro Play Linux adalah Wine, Winetricsk, PlayOnLinux, dan Play Linux Kosmos. Dilihat dari tool-tool ini yang bekerja dengan baik, pengguna hanya akan memiliki sedikit alasan untuk melakukan dual boot.

Selain itu, pengguna masih bisa menemukan aplikasi office, internet, music, chat, dan lainnya di distro ini melalui repositori.

Apa yang baru dari versi terbaru Play Linux?

Play Linux masih dalam fase pengembangan. Berdasarkan para pengembang, Play Linux User Creator sedang diperbarui, LibreOffice telah diperbarui ke versi 4.3.1, Gimp 2.8.14 telah ditambahkan secara default. Perbaruan juga Anda temukan di aplikasi GNOME, tampilan login, dan tema GTK.

Info: play-linux.com

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top