Browser

Mozilla Luncurkan Firefox 34 Tanpa Google

firefox 34Para pengembang baru saja merilis Firefox 34 dengan beberapa perubahan dan perbaruan yang signifikan. Firefox versi terbaru ini adalah Firefox pertama yang sudah tak menggunakan Google sebagai mesin pencari standar. Untuk versi AS, Firefox 34 memang memakai Yahoo sebagai mesin pencari standar menyusul habisnya kontrak antara Mozilla dan Google.

Penggunaan Yahoo hanya berlaku di Firefox versi Amerika Serikat. Jadi di Firefox versi Indonesia masih tetap menggunakan Google. Hal ini juga berlaku di Russia yang memakai Yandex dan Tiongkok yang memakai Baidu.

Firefox kali ini mengenalkan fitur Hello WebRTC (Web Real Time Communications). Fitur Firefox Hello ini menjanjikan kepada pengguna untuk melakukan panggilan suara hanya dengan peramban web. Walaupun fitur Firefox Hello berada di Firefox 34 stabil, fitur tersebut masih memiliki label beta.

Di sisi keamanan, Firefox 34 sudah menonaktifkan dukungan terhadap protokol SSL atau Secure Sockets Layer 3.0. SSL 3.0 mempunyai kerentanan fatal yang dinamakan sebagai POODLE. Sedang untuk peramban dari Google, baru akan menonaktifkan SSL 3.0 di Chrome versi 40.

Gambar: techcrunch.com

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top