Berita Browser

Mozilla Akan Merilis Electrolysis di Firefox 36

Kali ini Mozilla sedang mengembangkan sebuah fitur yang dinamakan Electrolysis (e10s) atau arsitektur multi proses. Electrolysis adalah sebuah fitur yang memisahkan antara proses plugin browser dengan inti browser itu sendiri. Fitur ini seperti yang sudah digunakan oleh browser berbasis Chromium, seperti Google Chrome.

Fitur arsitektur multi proses seperti ini akan meningkatkan kestabilan dan keamanan aplikasi yang menggunakannnya.

Sebenarnya Mozilla sudah mengimplementasikan electrolysis di kanal nightly sejak Februari. Tapi dalam proses pengembangannya, fitur ini secara default tidak diaktifkan.

firefox oop window

Pengembangan fitur ini dilanjutkan dengan adanya roadmap yang ditulis oleh salah satu pengembang Mozilla, Chris Peterson. Sang pengembang ini memang bertugas untuk menuliskan segala rencana pengembangan Mozilla, baik rencana sekarang maupun di masa mendatang pada sebuah paper.

Dari roadmap tersebut, fitur electrolysis akan sepenuhnya dipasang di Firefox 36 Stable pada tanggal 16 Februari 2015.

Kompatibilitas pengaya (add-on)

Penggunaan arsitektur multi proses akan memberikan beberapa pengaruh, salah satunya adalah pada kompatibilitas pengaya (add-on). Pengaya-pengaya tersebut adalah Adblock Plus, LastPass, RequestPolicy, Greasemonkey, HTTPS Everywhere, BluHell Firewall atau Video Download Helper. Untuk melihat lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Are We e10s yet (arewee10syet.com).

Tapi dari sekian banyak pengaya, belum semua dapat dites apakah kompatibel atau tidak. Dan akan ada kemungkinan, bagi pengaya yang sudah ditinggalkan oleh pengembang, bisa saja tidak akan bisa dijalankan lagi di Firefox dengan fitur e10s.

Gambar: ghacks

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top