Berita

MOOL, Proyek Desain Ulang Kernel dengan OOP dan C++

boss linux
Kabar menggembirakan dari dunia Linux, yakni dengan munculnya BOSS-MOOL. BOSS-MOOL adalah proyek pendesainan ulang kernel Linux dengan menambahkan abstraksi berorientasi objek, mengenalkan framework driver dengan dukungan C++, dan lainnya.

Pendesainan ulang terhadap Linux ini dilakukan oleh DOS Lab IIT Madras dan CDAC Chennai dari India. Melalui situs web, MOOL (Minimalistic Object Oriented Linux) bertujuan mendesain kernel Linux untuk mengurangi rangkaian dan meningkatkan perawatan dengan hadirnya abstraksi berorientasi objek (object oriented). Saat ini, rangkaian kernel sangat banyak. Menurut studi, banyaknya rangkaian inilah yang bisa meningkatkan kesuksesan Linux. Tapi, hal ini akan membuat perawatan Linux makin sulit dari tahun ke tahun. Sebagai langkah awal, pengembang MOOL mencoba mengurangi jumlah variabel global. Beberapa variabel global hanya digunakan dua atau tiga modul kernel. Variabel ini akan dijadikan argumen pada fungsi. Performa kernel yang telah dimodifikasi ini diukur dengan tool analisis performa standar. Kernel ini hampir mirip dengan kernel asli. MOOL memiliki fitur berupa framework untuk menulis driver menggunakan bahasa C++ dan memasukkannya sebagai modul kernel.

Kernel BOOS-MOOL juga mendukung lokalisasi pada level konsol, menawarkan opsi penyaringan pesan baru, dan lainnya.

“BOOS” pada BOOS-MOOL adalah kependekan dari Bharat Operating System Solution. BOOS dalah distro berbasis Debian dengan dukungan lokalisasi (localization) India.

Apabila Anda tertarik dengan proyek ini silakan kunjungi halaman BOSSLinux.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top