Berita

Linux Masih Unggul di Pasar Superkomputer

linux superkomputerMasih ingatkah Anda bahwa top 500 superkomputer menggunakan Linux? Pada bulan November 2014 ini walaupun masih kalah di pasar desktop, Linux masih merajai pasar superkomputer, sebanyak 485 dari 500 superkomputer atau sebanyak 97 persen menjalankan Linux.

Linux tumbuh di kelas superkomputer sejak Juni 1998. Ini dikarenakan Linux bekerja sangat baik untuk menjalankan komputer super cepat. Unix yang sebelumnya sudah mendominasi justru turun 2,6 persen.

Dari tahun ke tahun, superkomputer akan terus semakin cepat. Tianhe-2 masih memegang gelar tercepat dengan performa sebesar 33,80 petaflop/s (dalam hitungan quadrillion per detik) di tempat uji coba atau benchmark Linpack. Tapi, rata-rata performa superkomputer akan terus menurun. Dan menurut rencana, IBM dan NVIDIA akan menggeser Tianhe-2 tahun mendatang.

Teknologi superkomputer selalu diperbarui. Beberapa sistem terbaik seperti Tianhe-2 dan No. 7, Stampede memakai accelerator/co-proccessor untuk meningkatkan kecepatannya. Dengan co-proccessor seperti Intel Xeon Pho GPU NVIDIA, mereka bisa menciptakan rekor kecepatan terbaru.

Kali ini 75 besar dari 500 superkomputer memakai teknologi accelerator/co-proccessor. Meningkat dari yang sebelumnya hanya 62 superkomputer pada bulan November 2013. Berdasarkan 500 superkomputer tersebut, 50 menggunakan chip NVIDIA, 3 memakai ATI Radeon, dan 25 memakai teknologi Intel MIC, Xeon Phi.

HP memegang 179 superkomputer atau sebanyak 36 persen, IBM 153 superkomputer dengan 35,2 persen. Cray sebanyak 62 buah atau 12,4 persen.

Sangat sulit menebak apakah IBM atau HP kah yang mencuri posisi pertama sebagai vendor superkomputer selanjutnya. Tapi yang pasti, Linux masih akan memimpin pasar superkomputer.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top