Berita

Pakai LibreOffice, Toulouse Berhemat 1 Juta Euro

prancis linux
Toulouse, sebuah kota terbesar ke empat di Prancis, berhemat 1 juta euro dengan cara menggunakan LibreOffice desktop untuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan aplikasi office. Berpindah ke LibreOffice merupakan salah satu kunci proyek strategi IT yang bisa dilakukan sebuah kota.

Sudah ribuan orang, tepatnya lebih dari 10.000 orang yang bekerja di kota dan Toulouse Metropole menggunakan LibreOffice. Penggunaan LibreOffice dimulai pada tahun 2012 menyusul kebijakan politik baru pada tahun 2011. Perpindahan aplikasi ini hampir memakan waktu satu setengah tahun, dan 90 persen dari semua desktop sudah menjalankan LibreOffice saat ini.

Kota ini sangat hebat di mana mengingatkan kita tentang proyek Indonesia, Go Open Source yang digagas pada tanggal 30 Juni 2004 oleh 5 kementrian (Kementrian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementrian Hukum dan HAM, dan Departemen Pendidikan Nasional). Tapi sepertinya proyek ini sedang mengambang tidak ada kabar dan kelanjutan.

Semoga Indonesia mampu memaksimalkan software open source seperti LibreOffice, dan kawan-kawannya. Salam open source!

Gambar: techxav.com

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top