Kubuntu

Kubuntu Vivid Vervet dengan Plasma 5 Sudah Bisa Dicoba

kubuntuKubuntu, sebuah distro atau distribusi Linux yang berbasis Ubuntu ini akan meluncurkan Kubuntu 15.04 Vivid Vervet. Melalui blog, tepat beberapa hari yang lalu Ubuntu mengumumkan peluncuran versi 15.04 Alpha 1.

Versi Apha 1 ini menjadi versi pertama dari branch 15.04 yang bisa dicicipi file ISO nya. Para pengembang memberikan beberapa perubahan dan perbaruan yang menarik di image ISO tersebut.

Perubahan terbesar dari Kubuntu Vivid Vervet ini adalah pada desktopnya yang memakai Plasma 5 secara default. Sepertinya Kubuntu akan menjadi distro Linux pertama yang menggunakan Plasma 5 sebagai desktop default.

Seperti Ubuntu, setiap versi Kubuntu hanya akan didukung selama sembilan bulan, tapi sebenarnya Ubuntu dan turunannya tetap mengikuti pakem jadwal rilis enam-bulanan. Ini berarti Kubuntu versi baru akan diluncurkan jauh sebelum periode dukungan berakhir.

Vivid Vervet pra-rilis ini tak diperuntukkan bagi pengguna yang butuh sistem stabil atau pengguna yang tak nyaman dengan galat (error) yang terlalu sering. Versi Alpha 1 ini direkomendasikan untuk para pengembang Ubuntu dan bagi mereka yang ingin menge-test, melaporkan, dan memperbaiki bug.

Melalui laman pengumuman dijelaskan bahwa Plasma 5 adalah generasi baru dari KDE yang masih dalam pengembangan tapi sudah cukup stabil untuk digunakan di keseharian. Seiring waktu, desktop ini akan semakin baik karena seringnya versi baru yang dirilis.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top