Berita

Kementerian Kesehatan Rusia Gunakan Open Source

rusia linux
Pemerintah Rusia sudah mempertimbangkan untuk mengganti beberapa aplikasi dipemerintahan menjadi Linux dan open source. Di antaranya adalah segala produk Microsoft dan Oracle yang digunakan oleh Menteri Kesehatan.

Rusia memang sedang diberi sangsi oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat terkait masalah negara Ukraina. Oleh karena itu, Rusia pun berhenti membeli lisensi Microsoft untuk urusan komputasi di pemerintah.

Berdasarkan laporan gov.cnews.ru — situs resmi pemerintah Rusia — Menteri Kesehatan bermaksud membuang segala software proprietary milik Oracle dan Microsoft dan menggantinya dengan software open source. Informasi ini disampaikan oleh Deputy Director departemen IT Kementerian Kesehatan Roman Safronov. Dia menyatakan bahwa mereka sebenarnya sudah merencanakan hal ini tahun 2011 dengan menggunakan hasil kreasi Sistem Informasi Kesehatan Amerika Serikat Terpadu (EGISZ).

Secara detail, Safronov menyatakan akan menggunakan PostgreSQL alih-alih Oracle. Tapi sayangnya dia tidak memberitahu distro Linux apa yang akan digunakan pemerintah Russia.

Keputusan ini mengingatkan kita pada keputusan Toulouse untuk menggunakan software office open source, LibreOffice. Dan salah satu perusahaan farmasi raksasa di Korea ketika memilih menggunakan Ubuntu.

Gambar: jet-computing.com

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top