Berita

Empat dari Lima Developer Memakai Open Source

open sourceDi acara konferensi All Things Open, seorang peneliti dari Forrester—Jeffrey Hammond— mengungkapkan bahwa empat dari lima programmer sekarang menggunakan tool development open source.

Forrester bersama perangkat lunak Black Duck dan North Bridge Venture Partners melakukan survei terhadap 1400 programmer dan menemukan 84 persennya menggunakan perangkat lunak open source. Survei ini tidak hanya melibatkan programmer dari perusahaan open source tapi juga developer dari perusahaan proprietary seperti Microsoft.

Mayoritas programmer yang berpindah ke open source adalah karena mereka beranggapan pengembangan open source mempunyai reliabilitas dan performa yang lebih baik. Observasi yang dilakukan Hammond mengungkapkan bahwa Open source menjadi populer karena biaya yang rendah. Sekarang biaya yang dikeluarkan untuk sebuah tool merupakan elemen penting bagi para developer.

Survei ini juga menyebutkan tiga industri yang diharapkan bisa terkena dampak perangkat lunak open source; pendidikan, pemerintah, dan kesehatan.

Open source tak hanya mengganti perangkat lunak yang sudah tua seperti Apache Tomcat yang menggantikan perangkat lunak proprietary server JSP tapi juga menjadi pemimpin di area perangkat lunak baru. Untuk topik ini, Hammond menyinggung big data dan NoSQL. Kedua proyek open source ini justru menjadi perangkat lunak groundbreaker. Perangkat lunak proprietary tak bisa benar-benar berkecimpung di area ini.

Survei juga memerlihatkan open source yang unggul di beberapa bidang seperti cloud/virtualisasi (73 persen), Content Management System (66 persen), mobile (61 persen), dan manajemen jaringan (57 persen).

Walaupun di server, datacenter, dan cloud open source memimpin, Windows masih menguasai pasar desktop. Sistem operasi paling populer yang digunakan developer adalah Windows 7. Memang, dua (atau lebih sedikit) dari tiga programmer menggunakan Windows, sementara 12 persennya menggunakan Linux dan sedikit yang memakai Mac.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top