Debian

Debian 8.0 “Jessie” Mungkin Hadir Bulan Februari

debian jessie
Waktu pengembangan Debian versi terbaru semakin lama semakin pendek. Semakin banyak orang yang bekerja di proyek ini sehingga hal-hal yang berhubungan dengan proyek semakin lebih cepat diselesaikan daripada dahulu. Tak ada jadwal pasti untuk peluncuran Debian versi finalnya namun para pengembang tetap menyempatkan waktunya untuk berkontribusi di proyek besar ini. Mungkin saja tak adanya jadwal pasti peluncuran bukan merupakan kebijakan yang sangat baik untuk para pengguna yang ingin tahu kapan versi terbaru meluncur, tapi usaha ini bertujuan untuk membuat sistem operasi paling stabil yang pernah ada.

Jika ini terjadi dan Debian 8.0 hadir hanya dalam waktu 12 minggu, ini mungkin menjadi hasil tercepat yang pernah dilakukan. Pengguna tak perlu lagi menunggu selama 6 bulan setelah adanya feature freeze. Para pengembang akan membuat banyak orang merasa senang dengan peluncuran cepatnya.

Hingga sekarang, para pengembang Debian biasanya merilis versi stabil sekitar lima sampai enam bulan setelah memasuki fase feature freeze, tapi waktu ini akan dipotong sekitar dua bulan jika peluncurannya sebelum konferensi FOSDEM (Free and Open Source Software Developers’ European Meeting).

“Jessie telah dibekukan (frozen) sesuai rencana tanggal 5 November. Ketika dilakukan pembekuan, 310 bug kritis akan diperbaiki. Ini merupakan prestasi tersendiri dari proyek umumnya dan Tim Perilisan khususnya. Pertama, kami membekukannya sesuai tanggal yang diumumkan lebih dari setahun lalu, dan pembekuan ini telah dihormati oleh para pengelola proyek.”

“Kedua, dengan 310 bug kritis saat waktu pembekuan, kami mungkin telah mematahkan rekor semua perilisan Debian (walaupun saya tak mempunyai datanya). Bisakah kita akan mengalami waktu pembekuan Debian terpendek? (wheezy: 44 minggu; squeeze: 26 minggu; lenny: 28 minggu; etch: 17 minggu). FOSDEM akan diselenggarakan 12 minggu lagi, bisakah kita meluncurkannya sebelum FOSDEM, dan memiliki pesta besar untuk merayakannya?” tulis Lucas Nussbaum melalu blog pribadinya.

Walaupun ia adalah pimpinan proyek, ia tak bisa mengontrol apa yang sedang dilakukan pengembang. Yang bisa dia lakukan adalah menyeru dan memberikan motivasi kepada orang-orang supaya proyek selesai sesuai target dan memuaskan.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top